Kamis, 05 Juni 2008

Tentang Weblog Moro Prabu..

Pada artikel sebelumnya kami menyampaikan bahwa weblog ini telah mengalami perubahan, baik tampilan maupun menu konten/isinya. Hal ini bertujuan untuk menertibkan atau mengelompokkan tema dari postingan artikel yang dikirim oleh admin sendiri maupun dari rekan-rekan semua. Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan terlebih dahulu sedikit tentang bagian (menu di bagian header) yang ada dalam weblog ini, walupun dalam beberapa waktu ke depan masih dalam masa perbaikan oleh admin.

1. Home. Bagian ini akan berisikan postingan artikel secara umum. Biasanya diposting oleh admin sendiri dan berisikan tentang gambaran umum sekitar Keluarga Besar Moro Prabu dan Media Informasi ini.
2. Keluarga Besar. Bagian ini akan berisikan data pribadi dari seluruh keluarga besar Moro Prabu tanpa terkecuali. Kami menghimbau kepada rekan-rekan semua untuk melengkapi data pribadi di dalam bagian ini. Yang mengisikan dan mengupdate data pribadi itu adalah yang bersangkutan sendiri. Bagian ini sangat secure dan hanya dapat diakses oleh rekan-rekan yang telah mendaftarkan alamat email (di gmail) kepada admin. Cara pengisian akan dijelaskan dibagian bawah ini.
3. Berita & Kegiatan. Bagian ini akan berisikan informasi tentang kabar dari anggota Keluarga Besar Moro Prabu baik individu maupun kelompok, dapat merupakan berita gembira, berita pernikahan, berita duka daln lain sebagainya. Bagian ini juga memuat berita sekitar kegiatan Moro Prabu yang dilaksanakan secara berkelompok maupun secara individu. Dan informasi kegiatan ini bisa berupa rencana kegiatan maupun kegiatan yang telah dilaksanakan. Dapat disisipkan 1-2 buah gambar/foto, agar artikel tidak terlalu berat diloadingnya.
4. Gallery. Bagian ini akan berisi kiriman gambar maupun video dari rekan-rekan semua tentang kegiatan yang dilakasanakan oleh Moro Prabu dan Keluarga Besarnya, baik individu maupun kelompok. Gambar-gambar yang sudah dikirim bisa di-save as oleh rekan-rekan yang lain. Khusus yang berada di Album Moro Prabu (slideshow) merupakan gambar atau video yang telah disediakan admin untuk didownload.
5. Download. Bagian ini akan berisi tentang link yang menyediakan file software gratisan untuk didownload. Dikirimkan oleh seluruh rekan-rekan yang memiliki file untuk disharing.
6. Serba-serbi. Bagian ini akan berisi kiriman artikel dari rekan-rekan yang bertemakan bebas (di luar Moro Prabu), dapat berupa berita IT, tips, humor, ekonomi, budaya, hankam, motivasi, opini, dan lain-lain. Rekan-rekan dapat secara bebas menuangkan inspirasinya lewat forum tulisan bebas ini, dengan catatan bahasa yang digunakan tidak mengandung unsur SARA ataupun yang dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan baik dalam internal Keluarga Besar Moro Prabu maupun bangsa Indonesia pada umumnya.
7. Daftar isi. Bagian ini berisikan daftar postingan artikel dari yang terbaru sampai dengan yang terlama pada masing-masing bagian.
8. Belajar website. Merupakan link yang sengaja admin berikan untuk rekan-rekan yang berminat belajar webloging pada blogger.com.

Langkah-langkah yang harus dilaksanakan oleh rekan-rekan adalah:
1. Buat account di gmail. Caranya masuk ke mail.google.com. Sign Up dan ikuti langkahnya sampai selesai. Jangan sampai melupakan user name dan password yang telah dibuat.
2. Kirimkan alamat email tersebut lewat buku tamu dalam weblog ini atau dapat juga kirimkan kepada rekan I Ketut Riasmaja, baik lewat email riasmaja77@gmail.com maupun sms.
3. Dari alamat email yang sudah dikirim akan diberikan "undangan sebagai penulis" ke alamat email yang sudah dikirimkan tersebut untuk jadi "penulis" pada bagian-bagian yang telah ditentukan.
4. Rekan-rekan akan mendapatkan konfirmasi, baik melalui sms maupun buku tamu dalam weblog ini untuk membuka email masing-masing.
5. Buka kiriman email dari moro prabu. Ikuti semua link yang terdapat dalam email tersebut secara berurutan/satu-persatu sampai masuk ke dalam account blogger.
6. Dalam account blogger (masing-masing), silakan mencari link "postingan baru" pada tiap-tiap bagian yang ingin dikirimi postingan artikel.
7. Tulis judul artikel dan isikan postingannya. Bila selesai klik "mempublikasikan posting".
8. Selesai...
9. Bila rekan-rekan akan mengirimkan data pribadi atau postingan artikel di lain waktu dapat masuk kembali ke account blogger masing-masing, yaitu masuk ke www.blogger.com, dan isikan username serta password dari account gmail rekan-rekan.
10. Bila ingin mengakses bagian "keluarga besar" juga silakan mengisikan username dan password dari account gmail rekan-rekan.

Banyak rekan-rekan yang menanyakan "Mengapa harus di gmail, bagaimana kalo yahoo?". Perlu diketahui bahwa weblog Moro Prabu ini dibuat di blogger.com yang notebene adalah milik google. Sehingga penulis pada weblog ini haruslah memiliki account google. Pengisian data pribadi merupakan salah satu kegiatan posting artikel. Dan sekali lagi penulis dalam weblog ini harus memiliki account google.

Besar harapan kami untuk menyajikan Media Informasi yang Interaktif dan Informatif kepada Keluarga Besar Moro Prabu. Untuk itu kami menunggu alamat email (gmail) dari rekan-rekan semua...

Sukses Moro Prabu....

Google Results